Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Talkshow Dengan BTV, Polda Kaltim Ajak Masyarakat Untuk Cegah Kekerasan Seksual Pada Anak dan Remaja

Balikpapan - Melalui dialog interaktif bersama Balikpapan TV, Polda Kalimantan Timur menjelaskan tentang pentingnya Mencegah Kekerasan Seksual Pada Anak & Remaja, Rabu (26/04/2023).
 
Dalam Ngobrol Pintar (Ngopi) tersebut, Ps.Panit Subdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda Kaltim yakni IPDA Renni selaku narasumber mengatakan kekerasan pada saat ini didominasi terjadi pada anak dan remaja.
 
"Kekerasan tahun ini semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi digital, sehingga masyarakat khusunya orang tua sudah pandai apabila terjadi kekerasan seksual pada anak, harus bisa mengantisipasinya", terang Ipda Renni.
 
Beberapa faktor yang menjadi penyebab kekerasan terhadap anak & remaja yakni Kekerasan dalam rumah tangga yang berimbas terhadap anak, Bullying di sekolah-sekolah, dan menerima pemberian orang yang tidak dikenal terhadap anak-anak yang belum mengerti tentang kehidupan bersosial.
 
Lanjutnya, Ipda Renni menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk mencegah atau mengantisipasi kekerasan anak & remaja yaitu, Mengingatkan kepada masyarakat umum bahwa anak dibawah umur wajib diawasi oleh orang tuanya, dari dalam keluarga harus memberikan edukasi tentang bagian tubuh mana yang bisa disentuh dan tidak disentuh, & yang terakhir orang tua wajib memberikan ilmu agama supaya menghindari dari hal hal yang negatif dan mengarah ke tindak pidana.