Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Cegah Bullying di Sekolah Polsek Long Kali Beri Sosialisasi di SMK Al- Ikhlas

Paser - Bhabinkamtibmas Polsek Long Kali Brigpol Tri Yuli Anwar dan Aiptu Sudirmanto di SMK Al-Ihklas Long Kali memberi sosialisasi tentang Tertib Lalu Lintas, bahaya dan dampak negatif dari bullying di lingkungan sekolah Kamis (7/3/24).

Dalam sosialisasi tersebut, Aiptu Sudirmanto memberikan pemahaman mendalam mengenai arti dan manifestasi bullying dan tertib Berlalu lintas dengan harapan para peserta dapat lebih memahami serta mencegah terjadinya praktik bullying di lingkungan sekolah. Salah satu fokus utama adalah menyadarkan akan risiko dan dampak negatif dari bullying, baik bagi pelaku, saksi, maupun korban.

Dampaknya bisa berupa ketidakfokusan dalam belajar, kecenderungan untuk malas bersekolah, hingga terkendalanya proses pembelajaran. Selain itu, Bhabinkamtibmas Brigpol Tri Yuli Anwar juga mengajak kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan pengawasan terhadap perilaku siswa guna mencegah terjadinya bullying di sekolah.

Kapolres Paser AKBP Yusep Dwi Prastiya SH, SIK, MH melalui Kapolsek Long Kali Iptu Syarifuddin,SH mengatakan bahwa kita juga melihat Kepala Sekolah SMK Al-Ihklas serta beberapa guru pendamping, dalam kegiatan ini, Dalam upaya pencegahan dan penanganan kasus bullying, penting bagi pembina atau pengelola sekolah untuk memahami karakteristik pelaku bullying dan korban bullying. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mengambil langkah-langkah preventif serta solusi dalam penyelesaian masalah bullying yang muncul di sekolah. Ucapnya

Selain itu, dalam sosialisasi ini juga dibahas mengenai penerapan pasal terhadap pelaku bullying, dengan merujuk pada Undang-Undang Perlindungan Anak dan KUHP sebagai dasar hukum. Langkah ini diharapkan dapat menjadi sanksi yang efektif serta membangun kesadaran akan pentingnya taat terhadap hukum di kalangan pelajar.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada seluruh peserta, sehingga tercipta lingkungan sekolah yang aman dan nyaman tanpa adanya tindakan bullying. Dengan demikian, diharapkan akan terwujud generasi penerus yang memiliki kesadaran akan pentingnya menghormati dan menjaga keamanan sesama. Tutup Kapolsek Long Kali Iptu Syarifuddin.