Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tumbuhkan Partisipasi Masyarakat Di Tengah Keberagaman Budaya


Bontang - Kearifan budaya dapat menjadi sumber daya untuk mendukung tugas Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Masyarakat yang memiliki kearifan budaya yang kuat cenderung lebih tahan terhadap konflik dan kejahatan. Menselaraskan penegakan hukum dengan norma-norma budaya setempat akan menumbuhkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Polri semakin meningkat dan menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas yang semakin baik.

Rabu (17 /1/2024) Kapolres Bontang AKBP Alex F.L Tobing bersilaturahmi bersama Himpunan Masyarakat Batak Bontang (HMBB). Didampingi Kasat Intelkam , Kasat Reskrim , Kasat Binmas dan Kapolsek Bontang Selatan, Kapolres Bontang disambut oleh Ketua HMBB Kota Bontang Agus Ginjoy Sihombing, Penasehat Hukum HMBB Kota Bontang J. R. Sihombing, Ketua punguan marga HMBB kota Bontang sekitar 10 orang.

""Kami keluarga besar HMBB merasa terhormat dengan kesediaan Kapolres Bontang beserta jajarannya yang hadir dan bersilaturahmi bersama kami. HMBB merupakan organisasi di bidang Sosial yang bertujuan untuk merangkul masyarakat Batak dan mempertahankan budaya Batak, akan selalu mendukung kegiatan Polres Bontang dalam hal menjaga Kemanan dan ketertiban di Kota Bontang" seperti ucap J. R. Sihombing.

Kegiatan berlangsung dalam kesederhanaan namun memberikan nuansa yang rukun dan terbuka.
""Polres Bontang hadir mewakili Negara dalam mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat, tidak hanya secara phisik namun budaya dan norma norma yang telah adapun menjadi perhatian. Keberagaman budaya dan norma norma yang ada di masyarakat janganlah menjadi pemicu perpecahan sesama anak bangsa. Kita semua bersaudara walaupun dengan segala latar belakang yang berbeda. Kalau di dalam budaya dan norma di masyarakat ada pepatah bahwa yang muda menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, maka jadikan pepatah itu sebagai pedoman hidup sehingga kita semua bisa saling menghargai tentunya akan berujung kepada terwujudnya keamanan dan ketertiban yang kita harapkan. " dalam penyampaian Kapolres

""Bekesah Dengan Kapolres" adalah upaya Polres Bontang untuk bisa berkomunikasi lebih dekat dan intens, membuka forum kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif memberikan masukan dan informasi dalam lingkup tugas Polri. Yang tak kalah penting adalah program ""Merah Putihkan" Kota Bontang dimana perlu dukungan seluruh elemen masyarakat untuk bisa mewujudkan dan menggelorakan kembali rasa peduli kepada sesama, masyarakat, Bangsa dan Negara ini" lanjut Kapolres Bontang

Dengan mengimplementasikan langkah-langkah ini, Polri dapat menciptakan lingkungan Kamtibmas yang kondusif, di mana keberagaman budaya dihargai, dihormati, dan menjadi kekuatan yang memperkuat kesatuan dan ketahanan masyarakat.