Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Layanan Prima, Sat Lantas Dan Dispenda Buka Samsat Keliling


Bontang - Tanpa kita sadari bahwa kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak khususnya pajak kendaraan bermotor memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pembangunan daerah. Kemanfaatan pajak Ranmor sebagai salah satu sumber pendapatan utama bagi pemerintah daerah dapat digunakan untuk membiayai berbagai program dan proyek pembangunan, termasuk pembangunan infrastruktur, peningkatan layanan publik, pendidikan, dan kesehatan.

Namun kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak masih kurang optimal, faktornya adalah
*Ketidakmampuan Keuangan ; *Ketidakpuasan dengan Pelayanan Pemerintah *Ketidaksetujuan dengan Kebijakan Pajak ; *Kurangnya Kepedulian Sosial ; *Kurangnya Kesadaran Pajak ; dan Kurangnya Penegakan Hukum*.

Sat Lantas Polres Bontang bekerja sama dengan Dispenda Kota Bontang merespons kebutuhan masyarakat dengan meluncurkan pelayanan Samsat Keliling yang beroperasi hingga malam hari. Pelayanan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu pada jam kerja biasa.

Kapolres Bontang AKBP Alex F.L Tobing melalui Kasat Lantas AKP MD. Djauhari menjelaskan bahwa kehadiran Samsat Keliling yang beroperasi hingga pukul 21.00 WITA ini bertujuan memudahkan masyarakat wajib pajak yang kesulitan akses dan terbatas waktunya dan menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat.

"Kami sadar bahwa banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu, terutama mereka yang bekerja hingga malam hari. Dengan adanya Samsat Keliling ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dan nyaman dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan tanpa harus terkendala oleh waktu," ujar Kasat Lantas.

Samsat Keliling ini tidak hanya menyediakan layanan pembayaran pajak kendaraan, tetapi juga memberikan kemudahan dalam proses administratif lainnya, seperti perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan penerbitan SKPD (Surat Keterangan Penggantian Daftar). Petugas Samsat Keliling dilengkapi dengan teknologi modern untuk mempercepat proses layanan dan meminimalkan waktu tunggu masyarakat.

Masyarakat menyambut positif kehadiran Samsat Keliling ini. Mereka menyatakan bahwa inisiatif dari Sat Lantas Polres Bontang sangat membantu mereka yang selama ini sulit mengurus administrasi kendaraan bermotor karena kesibukan pekerjaan. Dengan adanya pelayanan Samsat Keliling yang dapat diakses hingga malam hari, diharapkan tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan dapat meningkat, sekaligus mendukung terciptanya kepatuhan hukum di lingkungan masyarakat.