Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Berawal Laporan Warga, Detasemen Gegana Kembali Evakuasi Mortir Di Balikpapan Timur


Balikpapan - Tim Jibom Den Gegana Satuan Brimob Polda Kaltim Wilayah Hukum Polres Balikpapan mengevakuasi Bahan Peledak Jenis Mortir yang ditemukan oleh Warga Bapak Winarko, 44 tahun, Jln.Gn Afco Perum. Pgri Blok C nomor 13 Rt 29. (Sabtu, 20/01/2024)

Bapak Winarko tengah beraktivitas berkebun, menjalankan rutinitas menyangkul bedengan tanah untuk menanam semangka, tiba-tiba ia merasakan hambatan keras di ujung bedeng. Setelah melihat jelas, ternyata menemukan sebuah mortir yang tertanam di tanah tersebut.Setelah itu, Bpk. Winarko segera menghentikan kegiatan menyangkul di baris bedeng tersebut dan Bapak Winarko mengambil inisiatif untuk melaporkan penemuan Mortir tersebut kepada Bpk Gundur Ketua Rt 29, setelah itu Bpk Guntur melanjutkan laporan tersebut Ke Bhabinkamtibmas Kel lamaru..

Selanjutnya Bhabinkamtibmas Kel.Lamaru mendatangi dan mengamankan TKP Tersebut serta berkordinasi Dengan Ketua RT 29 Yang melaporkan Kejadian Tersebut kepada Piket Call Center Gegana Brimob Polda Kaltim. Sebelum tim jibom datang sudah di lakukan pemasangan police line, Agar masyarakat tidak mendekat ke TKP di karnakan barang Sisa perang dunia ini tergolong bahan berbahaya.

Tim Jibom Sat Brimobda Polda Kaltim dipimpin oleh Bripka Asdar selaku Dantim Subden Jibom beserta 4 (Empat) orang anggota Brimob Polda Kaltim berangkat menuju Tkp untuk mengamankan barang temuan mortir tersebut dan selanjutnya akan di evakuasi ketempat yang lebih aman.

Adapun Bahan Peledak Jenis Mortir yg di Evakuasi sebanyak 1 (satu) Buah dengan ukuran dengan Panjang 40 Cm dan diameter 9 Cm. yang diduga Sisa dari Latihan Militer yg sudah bertahun – tahun.

Bahan Peledak Jenis Mortir ini dibawa ke tempat yang aman oleh Tim Jibom Den Gegana Polda Kaltim ke Mako Brimob untuk di lakukan penghancuran atau pemusnahan.

"Memang Balikpapan ini menjadi salah satu tempat jajahan jepang, di karnakan minyak bumi yang berlimpah, oleh sebab itu banyak sisa sisa Mortir dan amunisi peninggalan jepang. Mortir yang di temukan akan langsung di musnahkan agar tidak membahayakan sekitar, karna mortir ini dalam keadaan aktif. Tutup Dansat Brimob Polda Kaltim Kombespol Andy Rifai, S.I.K, M.H