Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pemkab Berau Serahkan BKO 1472 Personel Linmas kepada Polres Berau


Berau - Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan pada pelaksanaan Pemilu 2024 nanti, Pemerintah Kabupaten Berau menyerahkan ribuan personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) kepada Polres Berau untuk bertugas dibawah komando Polres Berau dalam pengamanan Pemilu serentak tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Sebanyak 1472 personel Linmas diserahkan secara langsung oleh Pemerintah Kabupaten Berau melalui Bupati Berau Sri Juniarsih Mas kepada Polres Berau yang diterima langsung oleh Kapolres Berau AKBP Steyven Jonly Manopo.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menyampaikan ribuan personel Linmas tersebut kini berada di bawah kendali operasi (BKO) Polres Berau.

“Penyerahan BKO ini menandai komitmen Satlinmas Berau untuk bersinergi dengan aparat keamanan dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pemilu,” kata Bupati Berau Sri Juniarsih pada apel gelar pasukan penyerahan BKO Satlinmas dari Pemkab Berau ke Polres Berau, Selasa 12 Desember 2023.

Ia menuturkan, keberadaan para Satlinmas ini akan memberikan tambahan kekuatan dalam mengamankan setiap tahapan pemilihan, mulai dari kampanye hingga pemungutan suara. Demi mewujudkan pemilu yang adil, bebas dan jujur.

“Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024, kita sebagai bagian dari Kaltim memiliki tanggungjawab untuk memastikan bahwa proses ini berjalan dengan baik dan aman,” tegasnya.

Bupati juga mengajak seluruh anggota Satlinmas untuk melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi, profesionalisme dan integritas. Jadikan kehadiran Linmas sebagai penjamin keamanan dan ketertiban, sehingga masyarakat dapat merasakan suasana Pemilu yang damai dan tentram.

“Saya berpersan kepada setiap petugas pengamanan pemilu, untuk melaksanakan tugasnya berdasarkan SOP (standar operasional prosedur), cepat, tepat, cermat, terukur dan dengan hasil maksimal,” tuturnya.

“Selain itu, dapat bersikap netral. Tidak terlibat maupun berpihak dengan peserta maupun simpatisan peserta pemilu tertentu dan menjalankan tugas sesuai dengan kewajiban dan kewenangannya masing-masing,” ujar orang nomor satu di Berau itu.

Kapolres Berau, AKBP Steyven Jonly Manoopo menyambut baik penyerahan ribuan Linmas tersebut dan akan mempersiapkan ribuan personel Linmas tersebut untuk melaksanakan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami menerima BKO Linmas dari Pemkab Berau. Selanjutnya akan kami persiapkan untuk mendukung pengamanan di lingkungan TPS se-Kabupaten Berau," ujar Steyven Jonly Manopo.

Sesuai jadwal Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota Legislatif yaitu DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, akan dilaksanakan secara serentak pada 14 Februari 2024. Yang kemudian akan dilanjutkan dengan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada 27 November 2024 mendatang.

“Dengan waktu yg semakin mendekat dan suhu politik yg kian memanas, apalagi saat ini sedang memasuki masa kampanye, maka saat ini sangat diperlukan kesiapsiagaan pengamanan Pemilu agar situasi dan kondisi masyarakat dan daerah se-Berau tetap dalam keadaan yg aman, tertib, terjaga dan kondusif,” pungkasnya.