Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ditpolairud Polda Kaltim Bergandengan Tangan dengan DPRD dan Alumni SMP Negeri 2 Balikpapan dalam Aksi Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove di Lamaru


Balikpapan - Personil Ditpolairud Polda Kaltim menghadiri kegiatan Bersih sampah pesisir - Penanaman bibit mangrove bersama wakil ketua DPRD Provinsi Kaltim dan Alumni SMP Negeri 2 Balikpapan, Minggu (29/10/2023).

Kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan ekosistem pesisir serta mempromosikan kesadaran lingkungan tersebut di gelar di Pantai Lamaru Balikpapan dan turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Bapak Sigit Wibowo, dan Alumni SMP Negeri 2 Balikpapan.

Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat dari panitia, yang memberikan pengantar mengenai tujuan dan signifikansi dari aksi ini. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Bapak Sigit Wibowo, yang menyoroti urgensi menjaga ekosistem pesisir dan pentingnya mangrove dalam pelestarian alam.

Para peserta kemudian mendapatkan materi tentang mangrove dari Personil Dit Polairud Polda Kaltim. Materi ini memberikan wawasan lebih mendalam tentang manfaat dan fungsi ekologis pohon bakau dalam menjaga kelestarian pesisir.

Kegiatan utama di hari itu adalah aksi bersih pantai yang diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Alumni SMP Negeri 2 Balikpapan, Pasukan Biru, dan warga masyarakat Lamaru, Balikpapan Timur. Bersama-sama, mereka mengumpulkan sampah yang tercecer di pesisir pantai, menjadikan pantai lebih bersih dan aman bagi hewan laut.

Setelah kegiatan membersihkan sampah, para peserta lanjut ke tahap penanaman bibit mangrove. Ini adalah langkah nyata dalam menjaga dan memperkuat alam pesisir. Dalam semangat gotong-royong, para peserta dengan penuh semangat menanam ratusan bibit mangrove, yang nantinya akan tumbuh menjadi penyangga alam yang kuat.

Aksi bersih pantai dan penanaman mangrove ini bukan hanya menciptakan dampak positif pada lingkungan, tetapi juga mengilustrasikan bagaimana kolaborasi antara berbagai pihak dapat menghasilkan perubahan positif. Semoga aksi semacam ini akan terus mewarnai aktivitas sosial di Balikpapan dan menjadi inspirasi bagi komunitas lainnya untuk ikut berperan dalam melestarikan lingkungan alam.