Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Apel Serpas Pengamanan TPS Pilkakam Serentak 2023, Polres Berau Siap Amankan Pilkakam di 53 Kampung


Berau - Polres Berau menggelar apel pergeseran pasukan (Serpas) Pengamanan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak tahun 2023.

Apel Serpas ini berlangsung hari Senin 23 Oktober 2023, di lapangan Mapolres Berau dan dipimpin oleh Kabag Ops Polres Berau Kompol Febriadi Silvano Muabuay.

"Pilkakam serentak tahun 2023 di Kabupaten Berau ini tersebar di 53 Kampung dari 12 Kecamatan. Dengan jumlah TPS yang diamankan sebanyak 75 TPS," kata Kompol Febriadi Silvano Muabuay.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan pengamanan Pilkakam ini melibatkan seluruh personel yang ada di jajaran polsek serta Polres Berau, yang dalam pelaksanaannya akan sangat bergantung kepada semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung.

"Tidak hanya calon Kakam yang dituntut untuk taat dan patuh pada regulasi yang ada, akan tetapi juga pihak panitia Pilkakam wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang objektif dan transparan," papar perwira dengan melati satu dipundaknya itu.

Febriadi menerangkan, ada 8 penekanan untuk dipedomani bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkakam serentak tahun 2023 di Kabupaten Berau, yaitu :

Pertama, pahami bahwa tugas pengamanan Pilkakam secara serentak tahun 2023 di Kabupaten Berau ini adalah merupakan suatu penghargaan, kehormatan, serta kebanggaan sekaligus menjadi amal ibadah, maka dari itu jaga perilaku, dan tingkah laku di masyarakat. Jangan sekali-kali menyakiti hati masyarakat dengan perilaku yang melanggaar kode etik Polri, disiplin, dan tindak pidana.

Kedua, jalin sinergitas antara unsur pemerintah, TNI-Polri, dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas.

Ketiga, segera kenali, cari, temukan, dan atasi, serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan mengganggu penyelenggaraan Pilkakam secara serentak tahun 2023 di Kabupaten Berau.

Keempat, tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku terhadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu kelancaran Pilkakam secara serentak tahun 2023 di Kabupaten Berau.

Kelima, babinsa dan bhabinkamtibmas harus mampu ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita hoax, serta meningkatnya politik identitas.

Keenam, inventarisir dan berkoordinasi dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, serta tokoh masyarakat untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengggunakan hak pilihnya dengan aman.

Ketujuh, pelaksanaan apel ini sebagai salah satu kesiapan aparatur TNI-Polri dan pemerintah daerah Kabupaten Tulang Bawang dalam menghadapi Pilkakam secara serentak tahun 2023 di Kabupaten Berau.

Kedelapan, sebelum kita melaksanakan tugas dilapangan agar selalu berdoa kepada Allah SWT, Tuhan YME agar diberikan keselamatan dan lindungan dalam mengawal rangkaian Pilkakam sehingga dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.

"Intinya, semua personel baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pengamanan Pilkakam secara serentak tahun 2023, agar dapat melaksanakan tugas secara all out dan tidak underestimate," pungkasnya.