Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Polresta Balikpapan Launching "Polisi RW"

BALIKPAPAN, Polda Kalimantan Timur melaunching Program "Polisi RW" serentak di seluruh Polres jajaran, Selasa (16/5/2023) siang

Untuk Polresta Balikpapan Launching "Polisi RW" digelar di halaman Mako Polresta Balikpapan dan dipimpin langsung oleh Kapolresta Balikpapan AKBP Anton Firmanto, SH, SIK, M.Si.

Hadiri dalam kegiatan ini, Forkopimda Kota Balikpapan serta Tiga Pilar Kamtibmas (Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas) Se Kota Balikpapan serta diikuti oleh personel Polresta Balikpapan yang ditunjuk sebagai "Polisi RW"

Dalam sambutannya, Kapolresta Balikpapan AKBP Anton Firmanto menjelaskan bahwa Polisi RW ini merupakan Program Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Program ini sebagai upaya Polri dalam rangka transformasi operasional yaitu menciptakan suasana kondusif (Cooling System)," jelas Kapolresta.

Lanjutnya, program Polisi RW ini merupakan bentuk Modernisasi Kepolisian seperti yang diterapkan di kota kota besar salah seperti di wilayah Polda Metro Jaya. 

"Meski di Kota Balikpapan tidak ada RW, Polisi RW ini akan ditugaskan untuk mengawasi tiga sampai dengan lima RT di Kota Balikpapan," lanjutnya lagi. 

Kapolresta Balikpapan juga menjelaskan bahwa dalam menjalankan tugasnya Polisi RW akan berkolaborasi dengan Tiga Pilar Kamtibmas yakni Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. 

"Kami berharap dengan adanya Polisi RW ini dapat segera mendeteksi lebih awal setiap permasalahan yang akan terjadi di lingkungan yang dinaunginya serta dapat segera menjadi mediator untuk pemecahan masalah dan memberikan solusi yang terbaik permasalahan tersebut," tandasnya. 

Diakhir sambutannya Kapolresta Balikpapan menyampaikan beberapa penekanan kepada personel yang ditunjuk sebagai Polisi RW, diantaranya :
1. Dalam pelaksanaan tugas agar mengedepankan rasa keikhlasan agar tugas yang dilakukan berkah dan berbuah pahala dari Allah SWT. 
2. Segera kenali Ketua RT serta para tokoh-tokoh yang ada di lingkungan RT yang menjadi penugasannya.
3. Segera menginventarisir permasalahan yang ada di wilayah tugas masing-masing, 
4. Selalu berkoordinasi dengan tiga pilar di setiap pemecahan masalah. 
5. Melaporkan secara berjenjang di setiap kegiatan yang dilakukan.

Untuk diinformasikan, sebelum melaunching Program Polisi RW ini, Polresta Balikpapan telah mengukuhkan 172 personel untuk ditugaskan menjadi Polisi RW di seluruh Kota Balikpapan.