Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Biro SDM Polda Kaltim Gelar Tes Psikologi Berkala Personel Polres Kutai Kartanegara

 


 Kukar – Puluhan personel polres Kutai kartanegara mengikuti tes psikologi berkala yang diselenggarakan Biro SDM Polda Kaltim di Ruang Catur Prasetya Mapolres setempat, Kamis (5/5/23).

Tes yang bertujuan untuk mengetahui perilaku dan mental individu tersebut diselenggarakan bagi personel pemegang senpi maupun yang akan mengajukan izin pinjam pakai senjata api dinas Polri di lingkungan Polres Kutai Kartanegara.

WhatsApp Image 2023 05 05 at 10.25.03

Kegiatan yang digelar sejak pukul 8 pagi ini, dibuka oleh Wakapolres Kutai Kartanegara Kompol Angga Indarta, S.I.K dan dihadiri Kabag SDM Kompol Teguh Joko Sriyono dan personel Biro SDM Polda Kaltim serta diikuti oleh puluhan personel Polres Kutai Kartanegara.

Wakapolres mengatakan kegiatan tes Psikologi ini diperuntukkan bagi seluruh personil Polres Kutai Kartanegara yang memegang senpi dinas ataupun personil yang akan meminjam pakai senpi dinas.

“Tes ini dilakukan untuk mengetahui kondisi psikologis yang mengikuti tes dan yang akan diberikan ijin pinjam pakai senpi”, ujarnya.

Ia mengatakan, tes psikologi bertujuan mengetahui tingkat kecerdasan serta emosi personel, dan bagi personel yang tidak memenuhi syarat maka tidak diperkenankan untuk memegang senjata api dinas.

“Hasil Tes Psikologi ini nantinya menjadi salah satu syarat bagi anggota yang ingin memegang senjata api dinas”, jelasnya.

Kompol Angga juga menyampaikan, Kegiatan tes psikologi ini dilaksanakan setiap tahun, tes psikologi ini menjadi tolak ukur bagi personel yang telah memegang maupun yang hendak mengajukan pinjam pakai senjata api organik Polri.

“Harapannya, dengan adanya pemeriksaan dari mulai administratif hingga tes psikologi ini dapat memberikan pemahaman terkait penggunaan senjata api di lingkungan Polres Kutai Kartanegara serta tidak ada penyalahgunaan senpi yang dapat merugikan institusi serta orang lain”, tandasnya.