Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Bila Arus Balik Membeludak, Kapolri Siapkan One Way Sampai Halim

 


Jakarta - Puncak arus balik pemudik pada masa libur Lebaran 2023 diprediksi terjadi pada 24-25 April dan 30 April-1 Mei. Pihak kepolisian mempersiapkan one way hingga contra flow di Jalan Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek-Jakarta.


"Sehingga untuk arus baliknya ini juga menjadi arus balik tertinggi sepanjang tahun tersebut, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa (lalu lintas) khususnya dari jajaran kepolisian," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di akun YouTube Kemenko PMK, Minggu (23/4/2023).


Tak hanya one way dan contra flow, pihak kepolisian juga mempersiapkan sistem ganjil-genap saat arus balik. Namun, sistem ganjil-genap diberlakukan jika sudah terjadi kemacetan yang cukup para di jalan tol.


"Pemberlakuan langkah-langkah rekayasa (lalu lintas) mulai dari one way, contra flow, dan juga kemungkinan ganjil-genap, ini kemungkinan diberlakukan agar beban jalan pada puncak arus balik ini bisa urai dan kita distribusikan," ujarnya.


Menurut Kapolri Jenderal Sigit, beban arus balik diperkirakan tanggal 24 dan 25 April harus diurai, jika tidak, maka jadi beban dan terjadi kemandekan. Seperti arus mudik, pada masa arus balik, kepolisian menyiapkan one way dari Tol Kalikangkung (Semarang) hingga Tol Cikampek Utama (Cikatama).


"Mulai dari 414 Km di GT Kalikangkung sampai Km 70 Cikatama," ucap Kapolri.


Bila kemacetan cukup parah kendaraan terjadi di Tol Cikampek-Jakarta dan harus diurai, kepolisian menyiapkan one way hingga wilayah Bekasi. Tak hanya itu, jika kemacetan masih terjadi dan memanjang, one way dapat diberlakukan hingga wilayah Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.


"Demikian juga, apa bila harus dilakukan ternyata harus dilakukan one way sampai dengan mengarah wilayah Jakarta. Kami telah mempersiapkan mulai dari 70, kemudian Km 36 (Bekasi), bahkan sampai Km 3 +5000 (Halim)," sebut Kapolri.


"Ini semua kita persiapkan termasuk juga pengaturan contra flow disesuaikan dengan hitungan yang ada di Jasa Marga," imbuhnya.


Pemerintah sudah memprediksi arus balik pemudik Lebaran 2023 terjadi pada awal dan akhir pekan ini. Diperkirakan ratusan ribu kendaraan kembali ke Jakarta dan sekitarnya dalam dua hari.


"Puncak arus (balik) mudik diperkirakan tanggal 24-25 April dan 1 Mei," kata Menko PMK Muhadjir Effendy.


Diperkirakan ratusan ribu kendaraan melintasi jalan tol menuju arah Ibu Kota. Pemerintah meminta pemudik tak terburu-buru kembali ke Jakarta jika tidak ada kegiatan mendesak.


"PT Jasa Marga memprediksi ada 203 ribu kendaraan melakukan perjalanan tanggal 24-25 April 2023 menuju Jakarta dan sekitarnya," imbuhnya.