Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Wakapolda Kaltim Buka Kegiatan Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasda Tahap I Tahun Anggaran 2023

 


Balikpapan, Wakapolda Kaltim Brigjen. Pol. Drs. Mujiyono, S.H., M.Hum, buka kegiatan Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasda Polda Kaltim tahap I tahun anggaran 2023 pada aspek Perencanaan dan Pengorganisasian, Senin (20/3/2023).


Kegiatan yang digelar di Aula Rupatama Mapolda Kaltim dihadiri oleh Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Jefrianus Endolemba Torunde, S.I.K., serta para Pejabat Utama dan Jajaran Polda Kaltim.


Wakapolda Kaltim Brigjen. Pol. Drs. Mujiyono, S.H., M.Hum Mengucapkan terima kasih kepada Irwasda Polda Kaltim dan jajaran yang telah menyiapkan acara taklimat akhir sebagai rangkaian penutup kegiatan audit kinerja Itwasda Polda Kaltim tahap I tahun anggaran 2023 pada aspek perencanaan dan pengorganisasian.

"Hal ini sejalan dengan kebijakan Kapolri melalui 8 program Quik Wins Presisi yang terdiri dari salah satunya adalah mengoptimalkan peran pengawasan", kata Brigjen. Pol. Drs. Mujiyono.


Dijelaskannya, audit kinerja merupakan kegiatan pemeriksaan atas pengelolaan keuangan negara serta pelaksanaan tugas dan fungsi Polri untuk yang pertama mencapai aspek kehematan, efisiensi dan efektifitas yang dilaksanakan dengan prinsip integritas, legalitas, profesional, prosedural, kerahasiaan, independen, legitimasi, akuntabilitas, obyektivitas dan pendekatan berbasis bukti yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan efisiensi dan efektifitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri.

"Yang kedua memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektifitas menejemen resiko dalam penyelenggaran tugas dan fungsi Polri dan yang ketiga memberikan nilai tambah bagi organisasi agar setiap resiko di masing-masing satker atau satwil dapat terukur, dikelola dan direspon dengan cepat dan tepat sesuai kapasitas organisasi serta yang keempat memberikan masukan yang dapat memelihara dan meningkatkan kualitas tatakelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri", jelasnya.


"Maka, selain melaksanakan tugas sebagai auditor, tim audit diharapkan juga memberikan pendampingan dan asistensi kepada obyek audit kinerja, serta berperan sebagai konsultan yang solutif serta penjamin kualitas terhadap pengelolaan sumber daya manusia, operasional, sarana prasarana dan keuangan Negara", harap Irjen Pol Drs. Imam Sugianto.


Terkait hal ini, kepada para obyek audit Ia berharap agar kegiatan audit kinerja ini juga dijadikan sebagai sarana evaluasi, introspeksi dan konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi selama ini dengan memberikan informasi berdasarkan fakta-fakta yang ada dan data yang sesuai dengan kenyataan di lapangan, sehingga temuan pada audit kinerja ini dapat ditindaklanjuti guna perbaikan kinerja dan menghindari temuan yang sifatnya berulang serta untuk kesiapan apabila ada  pemeriksaan/audit dari BPK RI.


Humas Polda Kaltim