Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pastikan Situasi Kondusif, Kapolres Kubar Patroli Cek TPS Pilkades Serentak Se-Kutai Barat

 

90221969 6AE1 4258 A1D8 BBBE08A6A78D

Kubar – Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman, S.I.K.,M.H., bersama jajarannya, melakukan pengecekan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2023 di Kabupaten Kutai Barat.

Dalam kesempatan itu Kapolres Kubar meninjau sejumlah TPS di Kamp. Ngenyan Asa, Kamp. Mencimai, Kamp. Linggang Bigung dan Kamp. Linggang Purworejo.

8676BC20 A023 4B6E 82DB 118F5025BFB1

Dalam arahannya Kapolres Kubar mengimbau kepada panitia pemilihan kepala desa agar selalu menjaga dan tetap menciptakan situasi aman dan kondusif saat Pilkades berlangsung.

“Diharapkan kepada para panitia pemilihan kepala desa ikut dalam menciptakan situasi kondusif di wilayah setempat. Kepada calon kepala desa untuk berkomitmen harus siap menang dan siap kalah,” kata AKBP Heri Rusyaman, Jumat (10/03/2023).

Sebanyak 800 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas dikerahkan untuk melakukan pengamanan Pilkades Serentak di wilayah hukum Polres Kutai Barat, pada 133 TPS di 99 Desa.

Polres Kubar juga meminta tambahan personel pasukan Brimob dari Batalyon B Pelopor Samarinda 15 personel, Dan Dalmas Polda Kaltim 33 Personel, untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam gelaran Pilkades Serentak kali ini.

“Jangan underestimate, kami akan kerahkan pasukan lebih dari yang semestinya guna mengantisipasi terjadinya potensi konflik. Kami siagakan pasukan dari Brimob dan personel dari Polda Kaltim, jika sewaktu-waktu eskalasi meningkat di suatu desa maka personel akan kita geser ke wilayah tersebut,” ungkapnya.

Kapolres Kubar menambahkan, dari pengamatan Satuan Intelkam Polres Kubar di lapangan, ada belasan desa yang dikategorikan rawan konflik dalam Pilkades Kabupaten Kutai Barat.

Beberapa skema pengamanan pun telah siap dijalankan untuk mengantisipasi terjadinya konflik di Pilkades Kutai Barat.

Harapan kami Pilkades serentak tahun 2023 kali ini berjalan aman, damai dan sejuk,” pungkasnya.

Humas Polda Kaltim