Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pastikan Sesuai SOP, Kasi Propam Polres Paser Cek Ruang Tahanan


Paser - Untuk memastikan ruang tahanan dalam keadaan aman, Kasi Propam Polres Paser IPTU Wahyudi Ismanto, S.H., melakukan pengecekan ruang tahanan di Mapolres Paser, Selasa (28/03/2023).

Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, SIK melalui Kasi Propam Iptu Wahyudi Ismanto, SH dengan didampingi Kasat Tahti IPDA Suparman dan Ka SPKT IPDA Ari Munandar, mengatakan bahwa pengecekan ruang tahanan tersebut juga rutin dilakukan secara mendadak untuk memastikan agar petugas selalu waspada terhadap semua kemungkinan.

"Pengecekan ini dilaksanakan dengan tujuan dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tahanan kabur dan sebagainya," ungkap IPTU Wahyudi Ismanto.

Dalam kegiatan tersebut, Kasi Propam berserta anggotanya dan piket jaga melakukan penggeledahan terhadap tahanan dan disegala sisi ruang tahanan.

"Setelah kita cek tadi, jeruji besi dan juga ventilasi ruang tahanan dalam kondisi bagus, sehingga tidak perlu perbaikan. Tapi pengecekan mendadak akan terus dilakukan," jelasnya.

Selain itu petugas di wajibkan untuk selalu kontrol dan cek menyangkut kesehatan maupun kebutuhan untuk kelancaran proses penyidikan.

“Kalau ada yang sakit segera kita obati. Pemeriksaan kesehatan juga rutin dilaksanakan setiap minggu oleh Dokkes Polres Paser,” lanjut Kasi Propam.

Kepada petugas jaga tahanan, Kasi Propam tidak lupa mengingatkan agar selalu siaga dan meningkatkan kewaspadaanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dalam pelaksanaannya dilakukan secara rutin setiap jam dan secara detail setiap hari meliputi pengawasan terhadap benda-benda membahayakan, untuk jam besuk online juga agar di atur jangan sampai lengah,” pesan Kasi Propam.

Selama kegiatan berlangsung tidak ditemukan barang atau benda berbahaya dalam ruangan tahanan, tahanan dalam keadaan lengkap dan kondisi sehat kondusif.