Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Presiden RI dan Ibu Negara Tinjau Persemaian Mentawir IKN

 


PPU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau Persemaian Mentawir di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Jokowi mengatakan Persemaian Mentawir mampu menghasilkan 20 juta bibit per tahun.

Jokowi bersama Iriana tiba di Persemaian Mentawir di IKN Nusantara, pukul 11.40 Wita, Kamis (23/2/2023). Setibanya di lokasi, Jokowi langsung disambut Menteri LHK Siti Nurbaya, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Turut mendampingi Jokowi yaitu Seskab Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ATR Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri PUPR Basuki Tjahjanto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si., Pangdam VI/Mulawarman Mayjen Tri Budi Utomo, S.E.

Jokowi langsung mendapat penjelasan dari Menteri LHK mengenai progres Persemaian Mentawir. Baru kemudian Jokowi dan rombongan turun ke bawah melihat persemaian.

"Ini adalah Persemaian Mentawir yang kita siapkan dua tahun lalu, dalam rangka mendukung nanti penghijauan, reboisasi, penghutanan kembali untuk ibu kota Nusantara plus juga seluruh kawasan yang ada di Kalimantan," kata Jokowi saat memberikan keterangan di Persemaian Mentawir

Jokowi mengatakan bibit yang dihasilkan persemaian ini akan lebih banyak dari Persemaian Rumpin Bogor. Selain itu, bibit di Persemaian Mentawir merupakan tanaman endemik Kalimantan.

"Ini akan memproduksi kurang lebih 20 juta bibit per tahun, kalau Rumpin 6 juta, ini 20 juta bibit," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan kawasan IKN yang sebelumnya monokultur nantinya diisi banyak jenis tanaman termasuk tanaman yang mulai hilang di Kalimantan.

Humas Polda Kaltim