Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kapolres Berau : Polisi Harus Jadi Penolong Masyarakat




Berau - Kepala Kepolisian Resor Berau AKBP Sindhu Brahmarya meminta kepada seluruh personelnya agar tidak hanya menjadi polisi yang menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Tetapi juga harus menjadi penolong masyarakat.


“Menjadi polisi yang melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat memang sudah baik. Akan tetapi, lebih baik lagi kalau polisi juga tampil sebagai penolong masyarakat,” ujarnya.


Menurut dia, fungsi pelindung terkait dengan perlindungan warga dari berbagai ancaman kekerasan. Sementara fungsi pengayom ialah terkait dengan penciptaan rasa aman bagi masyarakat.


Sedangkan fungsi polisi sebagai pelayan kata dia, memberikan pelayanan dalam berbagai urusan seperti urusan SIM dan surat-surat keterangan yang dibutuhkan masyarakat. 


"Ketiga fungsi, pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat yang selama ini diperankan polisi akan lebih paripurna lagi jika ditambah dengan peran penolong masyarakat," katanya.


Kapolres berkeyakinan, jika setiap polisi menumbuhkan kepekaan menolong masyarakat, akan efektif menekan angka tindak kejahatan di tengah masyarakat.


Sebab pertolongan yang diberikan oleh polisi, bisa menyentuh langsung substansi permasalahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 


"Ketika masyarakat merasa tertolong dari permasalahan yang melilitnya, akan kecil kemungkinan untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan apalagi kalau sampai melawan hukum," katanya.


Untuk itu, ujar orang nomor satu di Polres Berau itu, setiap polisi yang bertugas di tengah masyarakat harus bisa tampil sebagai penolong, sehingga kehadiran polisi di tengah masyarakat benar-benar bisa membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dialami warga. 


"Ingat. Polisi itu penolong. Menolong sekecil apapun. Menolong orang yang mabuk lagi berkendara sekalipun, bahkan sampai-sampai mengembalikan ke keluarganya" terang Kapolres.


Menurut dia, sikap polisi seperti itu mendapatkan respon positif dari masyarakat. Kepercayaan masyarakat akan muncul sendirinya jika menyaksikan polisi di lapangan bekerja dengan ikhlas. 


"Trust ini sangat penting. Itu modal kita," katanya.


Namun, Kapolres mengingatkan agar personelnya tidak menyalahgunakan tugas sebagai penolong untuk meminta imbalan apalagi memeras masyarakat. 


"Tapi, begitu didorong, menolong, jangan minta duit juga. Harus ikhlas. Itu membentuk trust masyarakat," pungkasnya.


Humas Polda Kaltim