Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Satlantas Polresta Balikpapan Berikan Edukasi Tertib Lalu Lintas kepada Siswa SDN 003 Balikpapan Selatan


BALIKPAPAN
 - Untuk menumbuhkan kedisiplinan berlalu lintas kepada masyarakat, sebaiknya dilakukan sejak usia dini dengan cara memperkenalkan makna rambu lalu lintas yang ada biasa ditemukan di jalan raya kepada anak-anak.

Sebab, keselamatan dan ketertiban berlalu lintas merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh para pengendara, khususnya anak-anak dibawah umur.

Oleh karena itu, edukasi tata tertib berlalu lintas kepada anak-anak dibawah umur dinilai sangat penting dilakukan demi terciptanya keselamatan dalam berkendara.

Seperti yang dilakukan oleh personel Satlantas Polresta Balikpapan, pada Rabu (7/12/2022) di Taman Lalu Lintas, Sepinggan, Balikpapan Selatan. 

Tampak personel Satlantas Polresta Balikpapan dan Polsek Balikpapan Selatan yang dipimpin oleh Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Balikpapan, IPTU Nuralim memberikan edukasi kepada siswa-siswi dari SD Negeri 003 Balikpapan Selatan.

Kapolresta Balikpapan, KBP V Thirdy Hadmiarso melalui, Kasat Lantas Polresta Balikpapan, Kompol Ropiayni, mengatakan bahwa penting sekali mengenalkan hal-hal berlalu lintas sejak dini karena kegiatan ini merupakan wujud keseriusan Polresta Balikpapan untuk melakukan pembinaan anak-anak sejak usia dini.

“Kita secara rutin memberikan edukasi tata tertib lalu lintas sejak dini yang dimulai dari kelompok bermain hingga sekolah menengah keatas,” ujar Ropiyani.

Sambung Ropiyani, kegiatan ini sebagai upaya pembentukan karakter ke arah yang lebih baik dan menanamkan kedisiplinan, kata dia, juga memberikan antisipasi dan rasa aman dalam berkendara khususnya dalam budaya tertib berlalu lintas.

Sebab, kata dia, pihaknya seringkali menemukan para pengendara yang tidak menyediakan helm kepada anak-anak yang diboncengnya. Padahal helm merupakan salah satu elemen penting keselamatan berlalu lintas.

“Kebanyakan yang kami temui orang tua ini lalai dalam menjamin keselamatan bagi anak-anak, buktinya masih banyak anak-anak yang tidak mengenakan helm saat dibonceng oleh orang tuanya. Mungkin mereka anggap hal ini sepele, tetapi kalau sudah terjadi kecelakaan tentunya akan berakibat fatal,” jelasnya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan semangat bagi siswa siswi SDN 003 Balikpapan Selatan untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

"Tak hanya di Taman Lalu Lintas, kita akan terus melakukannya di sekolah-sekolah yang ada di Kota Balikpapan melalui program Police goes to School," tutupnya