Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Bhabinkamtibmas Polda Kaltim Manfaatkan Batu Bara Sisa Pembakaran Jadi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)



BALIKPAPAN- Aiptu Ardian Wempi Antariksa, anggota Polda Kaltim bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Balikpapan Utara berhasil memanfaatkan dari batu bara sisa pembakaran menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).


Limbah sisa pembakaran batubara terdiri dari Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) diubah menjadi produk bahan bangunan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. 


Fly ash adalah abu yang berterbangan di atas tungku pembakaran batubara, sementara bottom ash merupakan hasil pembakaran batubara yang mengendap di tungku pembakaran batubara.


Aiptu Ardian Bersama unsur masyarakat yang disebut Forum Kemitraan Polri dan Masyarakat (FKPM) Jalan Blambangan RT 63 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara berhasil mengubah sisa limbah menjadi bahan bangunan seperti batako, paving blok, cor beton, hingga pot bunga.


“ Masyarakat yang memiliki waktu luang silahkan mencetak hasilnya kami yang beli, jadi tidak usah khawatir tidak laku. Semua kami fasilitasi, mulai dari bahan, cetakan dan penjualan kami yang menampung di bawah kendali FKPM,” ucap Aiptu Ardian


Di tempat terpisah Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si sangat mengapresiasi pengembangan potensi masyarakat yang luar biasa dalam arti Bhabinkamtibmas bersinergi dengan masyarakat mengembangkan limbah yang limbah ini bisa ada nilai ekonomi jadi beliau meminta untuk melanjutkan program ini agar masyarakat sejahtera.


“ Dari hasil limbah itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian, oleh karena itu saya menaruh perhatian besar atas program,m tersebut ,” ucap Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si


Rencananya pada 12 Desember mendatang Kapolda Kaltim akan melaunching workshop pemanfaatan FABA.


Humas Polda Kaltim