Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Asah Keterampilan, Brimob Kaltim Latihan Rappelling Hell

 

 

BALIKPAPAN, Untuk mengantisipasi bencana alam dan kecelakaan yang terjadi, personel Batalyon A Pelopor Korps Brimob Polda Kaltim gelar latihan Rappeling menggunakan Helikopter Kepolisian Udara Mabes Polri. Kamis (15/12/2022).

Seperti diketahui, Rappeling Hell merupakan kegiatan turun dari ketinggian menggunakan Helikopter serta peralatan mountaineering seperti karnmantel, tali body, figur, karabiner dan alat-alat semacamnya. Biasanya kegiatan repling ini banyak dilakukan militer, tim SAR, pencinta alam untuk menuruni medan yang curam.

Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Drs. Imam Sugianato M.Si., mengatakan, latihan ini dilaksanakan untuk mengasah keterampilan anggota dan mengamankan giat pembangunan IKN.

“Bencana bisa datang kapan saja, dan di mana saja, maka kesiapan anggota kita asah secara terus menerus,” lanjutnya.

Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Drs. Imam Sugianato M.Si., juga mengatakan selain tugas rutin pengaman dan patroli, anggota juga harus memiliki teknik dasar bertindak taktis jika ditugaskan untuk pertolongan seperti orang tercebur sumur, kecelakaan di jurang atau penyelamatan yang berkaitan dengan ketinggian.

“Kami dari Korps Brimob Polda Kaltim selalu mengasah kemampuan anggota dalam penanganan bencana alam maupun kecelakaan. Setidaknya, kemampuan teknik penyelamatan akan berguna, khususnya bagi diri sendiri anggota. Artinya, anggota juga perlu memperhitungkan keselamatan dirinya dan orang lain yang diselamatkan, guna meminimalisir jumlah korban akibat kecelakaan dan bencana,” ujar Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Drs. Imam Sugianato M.Si.,

Lanjut Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Drs. Imam Sugianato M.Si., , “Kali ini personel Brimob Kaltim latihan Replingg hell merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki personel, mengingat dalam beberapa kasus baik kecelakaan maupun bencana serta penugasan di hutan membutuhkan kemampuan itu".

Humas Polda Kaltim