Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Polres Paser Gelar Pelatihan Keterampilan dan Etika Pelayanan serta Komunikasi Publik dan Pembuatan Konten Medsos


Paser – Dalam upaya peningkatan kemampuan personelnya, Polres Paser menggelar pelatihan keterampilan dan etika pelayanan serta komunikasi publik dan pembuatan konten medsos di ruang Rupatama Mapolres Paser, Senin (07/10/2022).

Kegiatan itu diisi pemateri Bapak Aswadi dari Bank BRI Cabang Tanah Grogot dan jurnalis Fadil Kholic dari NMC Borneo, iikuti sejumlah personel yang terlibat pelayanan baik pada satuan Polres dan Polsek Jajaran.

Kasi Humas Polres Paser AKP H.Kamin mengungkapkan, pelatihan tersebut merupakan langkah Polres Paser dalam rangka peningkatan kemampuan.

“Pelatihan ini dilakukan guna peningkatan kemampuan sehingga personel Polres Paser menjadi lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat,” kata AKP Kamin mewakili Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, S.I.K.

Sementara itu, Aswadi selaku pemateri menyampaikan bahwa sebagai garda terdepan pelayanan, aparat kepolisian harus membiasakan 5S yakni senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.

“Masyarakat itu melihat polisi malu dan rindu, dengan kebiasaan 5S, semoga masyarakat yg dilayani polisi bisa menjadi harmonis dan makin nyaman,” kata Aswadi dalam pemaparannya pelatihan tersebut.

Sambungnya, masyarakat malu itu, karena masyarakat malas berurusan dengan polisi, tetapi rindu didekati polisi sebagai pengayom di tengah-tengah masyarakat.

“Tuntutan masyarakat terhadap polisi itu harus ramah dan nyaman. Mereka enggak mau tahu polisi itu ada masalah apa, yang penting, ketika meminta dilayani harus baik dengan senyuman, dan itulah masyarakat,”
jelasnya.

Selain 5S, seorang polisi juga, harus memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik dan memahami psikologi masyarakat.

“Polisi itu harus memahami psikologi masyarakat, ada yang harus tegas, ada pula yang harus dihadapi dengan lemah lembut. Jika seorang polisi memahami karakter ini, saya yakin, ada interaksi yang ideal, dan polisi jadi pengayom masyarakat berjalan sebagaimana yang diinginkan,” tuturnya.

Humas Polda Kaltim