Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Peredaran Narkotika Jenis Baru Beredar di Balikpapan Bermerk Zenit

BALIKPAPAN, Satresnarkoba Polresta Balikpapan mengungkap peredaran narkotika baru dengan jenis golongan I dengan merek dagang bernama zenith.

Bentuknya bulat dengan warna putih cerah. Identik dengan pil koplo namun dengan diameter yang lebih besar.

Meski berbentuk seperti obat, namun zenith tidak digolongkan sebagai obat keras seperti pil koplo. Namun sebagai narkotika berdasarkan Permenkes Nomor 7/2018 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika.

Kasatresnarkoba Polresta Balikpapan, Kompol Roganda menyebut, zenith baru kali pertama beredar di Balikpapan yang sudah diperjualbelikan secara gelap sejak tiga bulan terakhir.

"Baru ada dua toko yang menjual, satu toko kelontong, satu lagi toko obat dan jamu. Mereka letaknya bersebelahan," ungkap Roganda, Selasa (15/11/2022).

Di daerah lain, kata dia, zenith juga hadir dengan berbagai istilah. Seperti Carnophen atau PCC (Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol).

Dimana untuk zenith yang mulai beredar di Balikpapan ini dipasok dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang dibawa langsung oleh penjual di Balikpapan.

Adapun zenith ini sendiri, dijelaskan Roganda, mulai diedarkan di Balikpapan oleh dua orang tersangka yang berinisial NR dan S. Dari mereka berdua, polisi menyita sejumlah 355 butir.

"Dari S menjual ke NR seharga Rp 100 ribu per strip (isi 10 butir). Kemudian oleh NR dijual lagi dengan harga Rp 110 ribu per strip," paparnya.

Roganda menilai, untuk skala komoditas narkotika, harga zenith masih terbilang murah dan terjangkau bagi anak muda dan pekerja.

Namun jika dibiarkan berkembang, tak menutup kemungkinan akan melambungkan harga semakin tinggi mengingat zenith bisa menjadi alternatif sabu.

"Zenith ini bisa menjadi alternatif untuk konsumen sabu. Karena efeknya itu tadi, bisa meregangkan otot tapi mengakibatkan kecanduan. Kalau dari rilis BNN, zenith ini kandungannya racun," ulas Roganda.

Karenanya, ia mengatakan, zenith ini perlu menjadi kewaspadaan setingkat dengan peredaran jenis sabu di Balikpapan. Dan harapnya, masyarakat tak segan melapor jika menemukan adanya indikasi peredaran gelap zenith di Balikpapan.