Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Antisipasi Penyakit Menular, Biddokes Polda Kaltim Gelar Sosialisasi Cacar Monyet


Balikpapan - Biddokes Polda Kaltim laksanakan sosialisasi cacar monyet kepada personel Polda Kaltim di Gedung Mahakam Polda Kaltim,Jumat(21/10/22), pukul 07.30 Wita. 


Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kabiddokes Polda Kaltim Kombes Pol. dr. B. Djarot Wibowo, dan dihadiri oleh dr. Adria Rusvita, SP. KK, FINSDV  dari Dinas Keselaku narasumber dalam sosialisasi ini, serta personel polda kaltim.. 


Kabid Dokkes mengatakan, sosialisasi dan edukasi secara garis besar harus meliputi dua hal. Pertama yakni mengenai apa itu cacar monyet, bagaimana gejala, bagaimana penularan dan pencegahan-nya, termasuk juga mengenai bagaimana penanganan-nya.


Kedua, kata dia, sosialisasi mengenai pengertian darurat kesehatan, hal ini diperlukan karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. 


"Dengan demikian perlu ada sosialisasi kepada masyarakat mengenai apa itu kedaruratan kesehatan agar masyarakat tetap waspada namun tidak panik secara berlebihan," katanya.



Lanjutnya, untuk menghindari penularan, kita harus semakin menyadari untuk menerapkan gaya hidup sehat. Termasuk tidak menggunakan barang pribadi bersamaan dengan orang lain seperti handuk dan alat makan.


Kombes Djarot juga mengimbau masyarakat segera mendatangi fasilitas kesehatan jika mengalami demam bersamaan dengan sakit kepala hebat, pembengkakan anggota tubuh, sakit punggung, nyeri otot, kelesuan, ruam, dan lesu.


Diharapkan sosialisasi ini dapat menjadi acuan dalam menjaga kesehatan diri dari segala macam penyakit khususnya penyakit yang dapat menular  , “ jelas Kabiddokes Polda Kaltim


Humas Polda Kaltim